Welcome

Allah Allah Kiya Karo

Selasa, 25 Mei 2010

Modifikasi Peraturan Permainan Bolavoli Mini

Modifikasi Peraturan Permainan Bolavoli Mini
Permainan bolavoli merupakan bentuk permainan yang ada pada kurikulum SD kelas IV. Bolavoli dapat disesuaikan dengan karakteristik fisik siswa dengan cara dimodifikasi menjadi bolavoli mini. Berdasarkan hasil wawancara dengan lima siswa dan seorang guru pendidikan jasmani di SD Negeri Serbaguna, pembelajaran bolavoli dilakukan dengan memberikan bola kemudian bermain sendiri tanpa bimbingan guru. Bola, net, dan ukuran lapangan yang digunakan adalah ukuran standar. Hal tersebut menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam bermain bolavoli.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodifikasi peraturan permainan bolavoli mini yang sesuai dengan karakteristik fisik siswa kelas IV SD Negeri Serbaguna agar mereka lebih mudah untuk mempelajarinya.
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan bolavoli mini), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan dua ahli bolavoli dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir produk peraturan permainan bolavoli mini untuk siswa kelas IV SD Negeri Serbaguna yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (dua ahli bolavoli dan satu ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (delapan siswa SD Negeri Serbaguna), dan uji lapangan (25 siswa SD Serbaguna).
Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli (dua ahli bolavoli dan satu ahli pembelajaran) 79,76% (baik), uji coba kelompok kecil 90,18% (sangat baik), dan uji lapangan 76,66% (baik). Dari data yang ada maka produk peraturan permainan bolavoli mini ini dapat digunakan untuk siswa kelas IV SD Negeri Serbaguan Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya.
Kesimpulan dari produk pengembangan ini adalah memodifikasi peraturan permainan bolavoli mini sebagai berikut: (1) ukuran lapangan 12 X 6 m, (2) tinggi net putra 2,15 m dan putri 2,10 m, (3) bola yang digunakan untuk putra bola nomor empat, berat 230-250 gr, dan garis tengah 22-24 cm yang terbuat dari kulit yang lentur atau terbuat dari kulit sintetis yang bagian dalamnya dari karet atau bahan yang sejenis, sedangkan untuk putri menggunakan bola foam, dan (4) jumlah pemain empat orang dengan dua cadangan.
Kelemahan dari produk ini adalah aspek bola yang memenuhi kriteria kurang baik. Untuk itu perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk memperoleh efektivitas, efisiensi, dan kemenarikan dari produk.

Tidak ada komentar: